Sabtu, 17 Januari 2009

PANDANGAN Dr. MARSIGIT TENTANG INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Dari berbagai artikel Dr. Marsigit yang saya baca dan kuliah dari beliau yang saya dapat, menurut persepsi saya pandangan Dr. Marsigit tentang inivasi pendidikan matematika adalah, bahwa pada pendidikan matematika diperlukan perubahan paradigma. Yaitu dari paradigma mengajar menjadi mendidik dan melayani kebutuhan siswa. Jadi posisi guru dalam pendidikan matematika adalah sebagai pelayan siswa yang belajar matematika. Sehingga menurut Dr. Marsigit, apabila guru matematika masih mengimplementasikan pembelajaran matematika tradisional, yaitu pembelajaran matematika dengan mengandalkan metode tunggal ekspositori dengan siklus : mejelaskan, memberi contoh, mengajukan pertanyaan, dan memberi tugas secara klasikal, maka guru matemetika akan mengalami kesulitan dalam melayani berbagai kebutuhan/tuntutan siswa dalam belajar matematika.
Menurut Dr. Marsigit agar guru matematika dapat melayani berbagai kebutuhan siswa dalam belajar, maka gaya mengajar tradisional yang berpusat pada guru perlu diubah menjadi gaya mengajar yang berpusat pada siswa. Dengan gaya mengajar yang berpusat pada siswa selain dapat melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika juga dapat :
Meningkatkan prestasi belajar matematika
Mendorong siswa belajar matematika secara aktif
Mengembangkan alat peraga.
Mendorong kerja sama.
Sehingga guru perlu membuat RPP dengan kualitas yang lebih tinggi yaitu RPP kualitas kedua.
Menurut Dr. Marsigit pengembangan metode dan model pembelajaran matematika juga dapat mengatasi kesulitan-kesulitan pelayanan guru terhadap berbagai kebutuhan atau tuntutan siswa dalam belajar matematika. Jadi dalam hal inovasi pendidikan matematika guru matematika perlu mengembangkan model-model pembelajaran matematika dan dapat mewujudkan pemilihan satu atau beberapa metode secara dinamis dan fleksibel. Metode-metode yang dapat dipilih dalam proses belajar mengajar matematika antara lain :
Metode eksposisi
Metode diskusi
Metode latihan dan pemberian tugas
Metode penemuan
Metode problem solving
Penggunaan alat peraga/alat Bantu pembelejaran menggunakan teknologi modern.
Selain itu menurut Dr. Marsigit agar guru matematika sukses dalam mendidik siswa-siswanya, inovasi pendidikan matematika yang dilakukan adalah dalam pembelajaran matematika antara guru dan siswa sinergis untuk bersama-sama saling menterjemahkan dan diterjemahkan.
Demikian, secara singkat pandangan Dr. Marsigit tentang inovasi pendidikan matematika yang dapat saya rangkum dari berbagai artikel Dr. Marsigit dan dari kuliah “Perencanaan Pembelajaran Matematika”. Karena keterbatasan saya tentu saja maisih banyak inovasi-inovasi pendidikan matematika menurut pandangan Dr. Marsigit yang belum tertulis di sini. Untuk itu kepada para pembaca yang budiman dimohon untuk memberikan kontribusinya pada komentar. Atas berkenannya saya sampaikan banyak terima kasih.
“ Sebenar-benarnya hidupmu adalah doamu (Dr. Marsigit)”, Maka marilah kota berdoa semoga dapat menjadi guru matematika yang inovativ sehingga dapat melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika sebaik-baiknya. Amin-Amin YaRobbalalamin..

1 komentar:

  1. Nasib suatu kaum tidak akan berubah melainkan oleh kaum itu semdiri. Semoga kita semua bisa berubah menjadi lebih baik.

    BalasHapus